NAMA-NAMA SETAN DAN PEKERJAANNYA

Best-top-desktop-horror-wallpapers-hd-horror-wallpaper-picture-image-photo-31

“Dan jika syetan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS Fush-Shilat [41]:6)
Syaithan adalah musuh sejati Bani Adam, maka hendaklah manusia berhati-hati serta waspada terhadap segala tipu daya yang mereka lancarkan untuk menyesatkan manusia. Di antara jurus dan tipu daya yang mereka lancarkan ialah melalui celah perbuatan dosa dan maksiat dengan berbagai tingkatannya
Mengenai hal ini dalam kitab Sarah Muroqil Ubudiayah dijelskan nama-nama Setan yang menggoda dan menjerumuskan manusia (ke lembah kesesatan) itu ada sembilan, Menurut sahabat Umar bin Khatab r.a. yaitu:
1. Walhan, Setan yang menggoda manusia ketika berwudhu, setan ini menggoda manusia agar selalu was-was ketika berwudhu supaya mereka yang berwudhu boros menggunakan air.
2. Khanzib, Syaitan yang menggoda manusia ketika Sholat, setan ini menggoda manusia agar selalu was-was ketika Sholat, seperti ragu dalam niat sholat, atau ragu dalam hitungan raka’at sholat.
3. Zallanbur, Setan ini yang menggoda manusia di pasar, mereka menggoda pedagang untuk berbuat curang, mengurangi takaran barang, bersumpah palsu, berbohong dan lain sebagainya.
4. A’war, Setan ini bertugas untuk mempengaruhi dan menggoda laki-laki dan wanita untuk melakukan perbuatan zina, atau melakukan perbuatan maksiat lainnya.
5. Al-Wasnan, Setan ini tugasnya memberatkan kepala dan mata orang supaya malas untuk beribadah. Dan mengajak manusia untuk melakukan maksiat.
6. Tabur, Setan yang menggoda manusia ketika ditimpa musibah, setan ini menggoda manusia agar tidak sabar ketika mendapat musibah, banyak menggerutu, banyak mengeluh dan lain sebagainya.
7. Dasim, Setan yang menggoda manusia ketika makan dan aktifitas sehari-hari lainnya, setan ini menggoda manusia agar tidak berdoa ketika makan, tidak berdoa ketika mau tidur dan tidak berdoa disetiap aktifitasnya sehari-hari. Setan ini juga menggoda suami istri untuk berselingkuh
8. Matwun, Setan yang menggoda manusia ketika manusia berbicara. Setan ini menggoda manusia untuk selalu berbohong, tidak mau jujur dan mencari-cari alasan untuk membenarkan perbuatannya ketika melakukan perbuatan yang salah.
9. Abyad, Setan ini yang menggoda para orang-orang alim, setan yang menggoda para nabi, para ulama, para ustadz dan pemuka-pemuka ulama lainnya. (Sumber: Sarah Muroqil Ubudiyah karangan sekh Muhammad Nawawi Jawa hal 18 kitab terbitan Pustaka Usaha keluarga Semarang)
Muslim meriwayatkan dari Ustman bin Abi Al Ash.
• Dia berkata,”Ya Rosulullah, setan telah menghalangi antara diriku dan salatku dan tanda-tanda yang ia kenakan padaku.”
Rosulullah bersabda,
• ‘Itu adalah setan yang di sebut Khanzab. Maka bila engkau merasakannya, berlindunglah kepada Allah darinya, dan meludahlah ke sebelah kirimu tiga kali.’ Maka aku melakukan itu dan Allah menghilangkannya dariku.”

Menurut Ka’ab Akhbar, pada awalnya tugas Iblis adalah penjaga pintu sorga selama 40000 tahun, bersama malaikat 80000 tahun, pimpinan malaikat 20000 tahun, saidul karubin 30000 tahun, saidul ruhaniyun 1000 tahun, towap mengelililngi arsy 14000 tahun, Nama Iblis di langit pertama ‘Abid, di langit kedua Zahid, di langit ketiga ‘Arif, di langit keempat Wali, di langit kelima Taqi, di langit keenam Khozin, di langit ketujuh ‘Azza Zail dan di lauhil mahfuz Iblis. (Sumber: Showi Jalalain Jilid 1 karangan Ahmad Showi Maliki hal 22 terbitan Dar Al-Fikr).
SEMOGA BERMANFAAT,
BARAKALLOHU FIIKUM

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s